Langkah Untuk Melakukan Start-Up Bisnis! Ada lebih dari 28 juta usaha kecil di Indonesia. Ketika Anda mempertimbangkan beberapa alasan paling populer untuk memulai bisnis, termasuk memiliki ide bisnis yang unik, merancang karier yang memiliki fleksibilitas untuk tumbuh bersama Anda, bekerja menuju kemandirian finansial, dan berinvestasi dalam diri Anda. Tidak heran jika bisnis kecil dimana mana.

Melakukan Start-Up Bisnis

1. Lakukan Penelitian Anda

Kemungkinan besar Anda sudah mengidentifikasi ide bisnis, jadi sekarang saatnya menyeimbangkannya dengan sedikit kenyataan. Apakah ide Anda berpotensi untuk berhasil? Anda perlu menjalankan ide bisnis Anda melalui proses validasi sebelum melangkah lebih jauh.

2. Buat Rencana

Anda memerlukan rencana untuk membuat ide start-up bisnis Anda menjadi kenyataan. Sebuah rencana bisnis adalah cetak biru yang akan memandu bisnis Anda dari tahap start-up melalui pembentukan dan akhirnya pertumbuhan bisnis, dan itu adalah yang harus dimiliki untuk semua bisnis baru.

3. Rencanakan Keuangan Anda

Memulai bisnis kecil tidak harus membutuhkan banyak uang, tetapi itu akan melibatkan beberapa investasi awal serta kemampuan untuk menutupi pengeluaran yang sedang berlangsung sebelum Anda menghasilkan laba. Kumpulkan spreadsheet yang memperkirakan biaya startup satu kali untuk bisnis Anda.

4. Pilih Struktur Bisnis

Start-up bisnis Anda dapat berupa kepemilikan perseorangan, kemitraan, perseroan terbatas, atau korporasi. Badan usaha yang Anda pilih akan memengaruhi banyak faktor mulai dari nama bisnis Anda, kewajiban Anda, hingga bagaimana Anda mengajukan pajak. Anda dapat memilih struktur bisnis awal, dan kemudian mengevaluasi kembali dan mengubah struktur Anda saat bisnis Anda tumbuh dan perlu berubah.

5. Pilih dan Daftarkan Nama Bisnis Anda

Nama bisnis Anda memainkan peran dalam hampir setiap aspek bisnis Anda, sehingga Anda ingin itu menjadi yang baik. Pastikan Anda memikirkan semua implikasi potensial saat Anda menjelajahi opsi dan memilih nama bisnis Anda .

6. Dapatkan Lisensi dan Izin

Dokumen adalah bagian dari proses ketika Anda memulai bisnis Anda sendiri.

Ada berbagai lisensi dan izin usaha kecil yang mungkin berlaku untuk situasi Anda, tergantung pada jenis start-up bisnis yang Anda mulai dan di mana Anda berada. Anda perlu meneliti lisensi dan izin yang berlaku untuk bisnis Anda selama proses start-up.

Bagaimana Agar Start-Up Bisnis Tersebut Sukses?

7. Pilih Sistem Akuntansi Anda

Usaha kecil berjalan paling efektif ketika ada sistem di tempat. Sistem akuntansi Anda diperlukan untuk membuat dan mengelola anggaran Anda, menetapkan tarif dan harga Anda, melakukan bisnis dengan orang lain, dan mengajukan pajak Anda.

8. Siapkan Lokasi Bisnis Anda

Menyiapkan tempat start-up bisnis Anda penting untuk pengoperasian bisnis Anda, apakah Anda akan memiliki kantor pusat , ruang kantor bersama atau pribadi, atau lokasi ritel. Anda perlu memikirkan lokasi, peralatan, dan pengaturan keseluruhan, dan pastikan lokasi bisnis Anda berfungsi untuk jenis bisnis yang akan Anda lakukan.

9. Siapkan Tim Anda

Jika Anda akan merekrut karyawan, sekaranglah saatnya untuk memulai proses. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk menguraikan posisi yang perlu Anda isi, dan tanggung jawab pekerjaan yang merupakan bagian dari setiap posisi. Administrasi Bisnis Kecil memiliki panduan yang sangat baik untuk merekrut karyawan pertama Anda yang berguna bagi pemilik usaha kecil baru.

10. Promosikan Bisnis Kecil Anda

Setelah start-up bisnis Anda berjalan, Anda harus mulai menarik klien dan pelanggan. Anda akan ingin memulai dengan dasar-dasarnya dengan menulis proposisi penjualan unik (USP) dan membuat rencana pemasaran . Kemudian, jelajahi ide – ide pemasaran bisnis kecil sebanyak mungkin sehingga Anda dapat memutuskan bagaimana cara mempromosikan bisnis Anda secara paling efektif.

Dari tahapan diatas untuk melakukan start-up bisnis seharusnya Anda sudah mendapatkan gambaran tentang apa yang akan Anda lakukan. Karena pada dasarnya memulai bisnis adalah hal yang sangat sukar pada awalnya. Akan tetapi terasa sangat mudah bila Anda sudah mulai menjalankan bisnis tersebut.