Mengidentifikasi Peluang Pasar Untuk Pertumbuhan Bisnis! Dalam lingkungan bisnis saat ini, mempertahankan pertumbuhan dan profitabilitas tidak pernah menjadi jaminan. Kemajuan teknologi dan ilmiah mempersingkat siklus hidup produk dan layanan, perubahan model bisnis dan pesaing baru muncul dari luar industri. Ketidakstabilan yang konstan ini membuatnya perlu untuk mencari peluang bisnis baru.

Baca juga artikel lainnya di : http://www.nigerianhiphop.net/

Mengidentifikasi Peluang Pasar Untuk Pertumbuhan Bisnis

Setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang tujuan perusahaan dan bidang keahlian, langkah selanjutnya adalah menganalisis pasar, menilai kebutuhan konsumen dan bagaimana mereka dipenuhi oleh perusahaan saat ini.

Untuk mengidentifikasi peluang pasar, model bisnis secara keseluruhan harus dievaluasi dengan menjabarkan konsumen dan perusahaan meliputi faktor-faktor lain seperti proposisi nilai merek, pesaing langsung dan tidak langsung, rantai pasokan, peraturan yang ada, dan lingkungan umum. Mari kita periksa bagaimana menganalisis faktor-faktor ini secara rinci di bawah ini.

1. Segmentasi konsumen

Untuk memahami permintaan Anda, Anda harus mengidentifikasi segmen konsumen yang memiliki karakteristik yang sama. Karakteristik ini dapat berupa variabel keras seperti usia, jenis kelamin, tempat tinggal, tingkat pendidikan, pekerjaan dan tingkat pendapatan atau variabel lunak seperti gaya hidup, sikap, nilai-nilai dan motivasi pembelian.

2. Analisis situasi pembelian

Situasi pembelian juga harus diperiksa untuk mengidentifikasi peluang pasar ekspansi. Pertanyaan untuk ditanyakan ketika meninjau analisis pembelian adalah:

  • Kapan orang membeli produk atau layanan kami?
  • Apakah saat mereka membutuhkannya?
  • Di mana orang melakukan pembelian?
  • Bagaimana cara mereka membayar?

Melihat saluran distribusi, metode pembayaran, dan semua keadaan lain yang melibatkan keputusan pembelian dapat mengajarkan Anda bagaimana konsumen membeli dan bagaimana Anda dapat memposisikan produk Anda dengan tepat. Menawarkan alternatif belanja baru dapat mendatangkan pelanggan baru.

Segmen Apa Saja yang Dipertimbangkan Untuk Mengidentifikasi Peluang Bisnis Anda?

3. Analisis persaingan langsung

Selain mengidentifikasi peluang pasar berupa permintaan dan pembelian, penting untuk menganalisis pasokan. Mengetahui pemain yang ada di pasar tempat Anda bersaing atau akan bersaing adalah penting ketika mengevaluasi peluang. Pertanyaan yang relevan dalam hal ini adalah:

  • Apa saja produk dan merek industri kita yang tumbuh lebih signifikan dan mengapa?
  • Apa proposisi nilai mereka?
  • Apa keunggulan kompetitif yang kita miliki atas mereka?

4. Analisis persaingan tidak langsung

Peluang juga dapat ditemukan dengan menganalisis industri pengganti. Misalnya, berkat penurunan harga tiket pesawat, maskapai penerbangan mungkin mencari peluang di segmen konsumen yang saat ini dipasok oleh sarana transportasi lain.

Maskapai penerbangan harus meneliti berapa banyak orang yang bepergian dengan bus dan kereta jarak jauh, rute mana yang paling banyak diminati, berapa banyak wisatawan membayar tiket mereka, berapa tingkat pekerjaan bus dan kereta jarak jauh dan apa yang diperlukan untuk meyakinkan penumpang bus atau kereta api saat ini untuk memilih bepergian dengan pesawat. Jenis analisis ini membantu membangun keunggulan kompetitif terhadap pesaing tidak langsung dan memberikan wawasan tentang mengidentifikasi peluang pasar tambahan untuk pertumbuhan.

5. Analisis produk dan layanan pelengkap

Perusahaan harus memantau kinerja produk perusahaan lain, yang saling melengkapi dengan produk mereka sendiri. Sebagai contoh, sebuah perusahaan pengemasan harus memantau penjualan produk-produk yang berpotensi mengemasnya, sementara perusahaan yang memproduksi mesin kopi harus mengumpulkan wawasan tentang evolusi berbagai jenis penjualan kopi. Tren di pasar komplementer harus diperhitungkan ketika membuat keputusan investasi.

Ketika mencari untuk mengidentifikasi peluang pasar, pertimbangkan penelitian pasar lokal ataupun global. Karena sebenarnya pasar adalah aspek yang sangat penting dalam setiap bisnis yang sedang Anda kerjakan. Karena permintaan dari konsumen adalah bahan pokok dari elemen bisnis. Berfokus pada permintaan dan analisis kompetitif dapat memberikan wawasan strategis yang akan membantu Anda dengan strategi pasar Anda.