Pengaruh Terhadap Strategi Pemasaran

Pengaruh Terhadap Strategi Pemasaran! Sementara strategi pemasaran sangat bervariasi sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan jumlah pesaing di pasar tertentu, pengaruh pada strategi untuk bisnis kecil umumnya masuk dalam kategori internal dan eksternal.Pengaruh internal  kadang-kadang disebut lingkungan internal – termasuk harga, sumber daya manusia dan budaya perusahaan. Pengaruh eksternal, atau lingkungan eksternal, termasuk teknologi, pesaing, dan ekonomi.

Baca juga artikel lainnya di : http://www.nigerianhiphop.net/

Pengaruh Terhadap Strategi Pemasaran

Bisnis kecil cenderung memiliki kontrol lebih besar atas pengaruh internal daripada eksternal. Pengaruh eksternal kadang-kadang sangat kuat – misalnya, jika ekonomi masuk ke dalam depresi dan pembelanjaan konsumen merosot, ini menyatakan bahwa strategi pemasaran asli menjadi tidak dapat dipertahankan dan harus sepenuhnya direvisi.

Harga dan Persaingan

Harga dan persaingan merupakan dua pengaruh terkuat pada strategi pemasaran. Meskipun digolongkan sebagai pengaruh internal dan eksternal, harga dan persaingan saling memengaruhi secara dinamis, karena bagaimana sebuah bisnis memasuki pasar menentukan bagaimana ia merespons persaingan. Sebagai contoh, usaha kecil biasanya membutuhkan keuntungan jangka pendek langsung.

Oleh karena itu,pemasaran memperkenalkan produk berkinerja tinggi ke segmen ceruk pasar sebelum pesaing. Bisnis kemudian menghasilkan laba sebanyak mungkin sampai pesaing memperkenalkan produk yang lebih murah dan / atau superior, dan kemudian bergerak untuk meluncurkan produk baru di pasar baru.

Sumber Daya Manusia dan Budaya Perusahaan

Sumber daya manusia dan budaya perusahaan memengaruhi strategi pemasaran secara internal. Bisnis dengan karyawan yang sangat terampil dan budaya perusahaan kolaboratif cenderung memiliki tingkat keberhasilan implementasi yang lebih tinggi hanya karena karyawan diinvestasikan dalam keberhasilannya dan bersedia untuk berbagi ide untuk mencapai tujuan yang dinyatakannya. Sebaliknya, bisnis dengan karyawan yang sangat terampil dan budaya perusahaan yang kompetitif memiliki peluang gagal yang lebih tinggi karena pengaruh perebutan kekuasaan internal yang mengganggu.

Apa saja yang menjadi pengaruh strategi pemasaran ?

Teknologi

Teknologi dan kemajuan teknologi sama sekali tidak mungkin dikendalikan oleh usaha kecil, karena inovasi dalam teknologi cenderung terjadi tanpa peringatan dan sering kali memiliki efek luas dan tak terduga pada pasar dan perilaku pembelian konsumen. Teknologi berdampak pada komunikasi, media, dan saluran distribusi dan bahkan dapat membuat produk itu sendiri menjadi usang, yang tidak hanya membuat strategi pemasaran menjadi tidak berguna tetapi juga mengancam kelangsungan hidup perusahaan.

Teknologi memiliki dampak juga terhadap strategi pemasaran, karena teknologi sudah menjadi darah daging di kalangan masyarakat saat ini. Dan karenanya, kita harus mengikuti perkembangan teknologi, guna menghemat waktu dan juga biaya produksi nantinya.

Ekonomi

Ekonomi adalah pengaruh eksternal kuat lainnya yang sebagian besar berada di luar kendali bisnis. Ekonomi mempengaruhi strategi pemasaran dalam beberapa cara, termasuk bagaimana tarif industri perusahaan relatif terhadap pertumbuhan atau pembusukan dan bagaimana konsumen membelanjakan dalam industri perusahaan. Ekonomi  menjadi hal yang sangat berdampak terhadap perkembangan bisnis di Indonesia.

Faktor tersebut tidak dapat dipungkiri oleh para pembisnis, karenanya apabila ekonomi di suatu negara melemah maka solusinya kita harus segera mengubah strategi pemasaran yang sudah berjalan atau bahkan meningkatkannya. Krisis moneter pernah terjadi di Indonesia, dan banyak dari pengusaha yang gulung tikar karenanya. Nilai mata uang yang melemah sehingga terjadi kenaikan barang dimana-mana. Disini konsumen yang seharusnya sudah terbiasa dengan harga normal, akan menjadi berkurang daya belinya karena kenaikan harga tersebut.

Dari ulasan di atas tentang strategi pemasaran, dapat kita tarik kesimpulan bahwa kita harus kreatif dan invatif terhadap perubahan – perubahan yang terjadi di lapangan. Membaca statistik pasar juga sangat diperlukan untuk mempertimbangan segala macam aspek dalam usaha Anda. Karena dengan adanya perubahan pemasaran, tentunya akan merubah strategi Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Post A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *